Thursday, February 20, 2014

Penemu Angka dan Rahasia Pembuatan Angka

Hampir tak ada negara di dunia yang tak mengenal angka (bilangan). Semuanya mengenal angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 0. Angka-angka itu menjadi roh dalam ilmu matematika. Sulit dibayangkan, andai tak ditemukan angka-angka tersebut.
Adalah Khawarizmi seorang ahli matematik, ahli bumi dan ahli falak. Ia salah seorang ahli matematik terbesar yang pernah hidup, sesungguhnya, ia pendiri beberapa konsep dasar dan cabang matematika. Menurut Phillip, K. Hitti, ia pengaruhnya dalam pemikiran matematika lebih besar dibanding penulis pertengahan lain. Pekerjaannya di bidang aljabar, ia tidak hanya memulai pokok materi format sistematis tetapi ia juga mengembangkan sejumlah solusi analitis persamaan quadrat dan linear, yang membuatnya dinobatkan sebagai pendiri Algebra (Aljabar). Nama Aljabar diambil dari buku terkenalnya Al-Jabr wa-al-Muqabilah. Perhitungan sintesis Yunani dan pengetahuan Hindu juga berisi kontribusinya yang sangat penting sampai cabang ilmu pengetahuan dan matematika. Dengan begitu, ia menerangkan penggunaan angka nol (0), satu angka pokok yang dikembangkan oleh Orang Arab. Dengan cara yang sama, ia mengembangkan sistim desimal sedemikian sehingga keseluruhan sistem dari angka-angka, ‘algoritma’ atau’ algorizm’ dinamai menurut namanya ’alkhwarism’.

Rahasia Dibalik Angka 0-9?

Penemu angka 0 - 9 sungguh sangat brilyan dan jenius, betapa tidak ternyata dibalik angka-angka yang sudah sangat familiar diseluruh dunia ini terdapat makna matematis yang mungkin tidak pernah kita ketahui selama ini.


"Salah satu rahasia yang bisa diungkapkan adalah jumlah sudut dari angka tersebut yang menunjukkan simbol dari angka itu sendiri".

Perhatikan gambar-gambar dibawah ini, sudut yang terdapat diangka 1 berjumlah 1, begitu juga sudut yang terdapat diangka 9 berjumlah 9 sudut. Bagaimana dengan angka Nol, kita pasti mengetahuinya bahwa Nol tidak mempunyai sudut sama sekali.
berikut gambar tentang sudut-sudut rahasia itu:

Sumber Gambar: www.kaskus.us

No comments:

Post a Comment